Aug
5

Deskripsi Lengkap Nokia.ice di AksiSemangat .com

Mungkin teman2 agak bingung liat deskripsi Nokia.ice di http://www.aksisemangat.com/Competition/SeeAllIdeas/tabid/78/articleType/ArticleView/articleId/203/Membangun-Kekuatan-Programmer-Indonesia.aspx

sebenarnya Deskripsi yang team Nokia.ice kirim cukup panjang, deskripsi di aksi semangat telah di edit dan di sunting oleh panitia, dan jadinya begitu

berikut adalah deskrips lengkap yang kami kirim ke aksisemangat

LATAR BELAKANG

Telepon genggam sudah bukan barang asing lagi sekarang, bisa dibuktikan dengan mewabahnya pengguna telepon genggam di dunia dan di indonesia, menurut data pengguna Telepon genggam mencapai 75% dari populasi penduduk di dunia atau sekitar 6,9 miliar pengguna, untuk indonesia market jumlah pengguna mencapai 180jt orang (data dari Asosiasi telepon seluler indonesia – ATSI) dimana jumlah handset mencapai 249jt buah.

Sekarang, telepon genggam menjadi gadget yang multifungsi. Selain fitur untuk Telepon dan sms, ponsel sekarang sudah ditanamkan fitur konten komputer. Jadi di ponsel tersebut, orang bisa mengubah fungsi ponsel tersebut menjadi mini komputer. Di dunia bisnis, fitur ini sangat membantu bagi para pebisnis untuk melakukan semua pekerjaan di satu tempat dan membuat pekerjaan tersebut diselesaikan dalam waktu yang singkat. Fitur konten telepon genggam sekarang lebih nge-trend disebut mobile content, dan bisnis di bidang ini pun berkembang pesat sejalan dengan penetrasi telepon genggam di belahan masyarakat.

PELUANG EMAS

Berkaca pada industri konten digital (musik, video, ring back tone), seharusnya dunia mobile application development di Indonesia pun dapat berkembang pesat. Terlebih, diperkuat oleh sejumlah hasil riset dari admob report 2010 yang menyebutkan bahwa Indonesia adalah negara peringkat ketiga untuk mobile ads market (worldwide). Selain itu, Indonesia yang memiliki 180 juta pengguna ponsel, mencapai peringkat kedua dalam mobile browsing. Kerjasama provider dengan application market (ovi store) dimana pembelian mobile application bisa dilakukan dengan cara potong pulsa akan mempermudah akses pengguna Telepon genggam untuk membeli aplikasi.

Data dan dinamika diatas tentu saja membuka prospek yang cukup menjanjikan bagi para programer di indonesia, ya! data tersebut adalah peluang sekaligus tantangan bagi developer di indoneisa untuk berkarya. Ditengah tengah gencarnya pembajakan yang cukup merugikan para developer, momentum ini bisa memberikan angin segar bagi para programmer diindonesia untuk tetap berkarya melalui mobile application. Tampak jelas peluang bisnis, market yang sangat besar, dan juga tantangan yang sangat menjanjikan ada didepan mata.

RESOURCE DEVELOPER INDONESIA

Menurut aptikom pada saat ini terdapat sekitar 200 perguruan tinggi di Indonesia yang memiliki program studi terkait dengan teknologi informasi untuk jenjang pendidikan sarjana, magister, dan doktoral serta sekitar 300 perguruan tinggi untuk jenjang pendidikan diploma-III dan diploma-IV, yang keseluruhannya menghasilkan kurang lebih 25,000 lulusan setiap tahunnya. Dari jumlah tersebut tersirat potensi yang tersimpan di dalamnya, amat merugi bangsa Indonesia kalau mereka tidak bisa menjadi energi2 kinetik yang sangat potensial terutama dalam mobile development.

N.ICE

Dengan Peluang2 dan banyaknya developer di indonesia, kami(para profesional IT ) tergerak untuk menyebarkan peluang mobile developement, memberikan motivasi, melakukan provokasi, membantu meng-inspirasi serta meningkatkan kemampuan para programmer indonesia dalam memanfaatkan momentum ini. Untuk mewadahi gerakan ini pada januari 2011 kami membentuk komunitas yang kami beri nam N.Ice, dan sebagai sarana komunikasi antar developer kita membuat website http://nice.or.id, kegiatan offline N.ice berupa seminar dan workshop, Kami bergerak dari kampus ke kampus, kota ke kota. Dalam 6 bulan umur komunitas ,n.ice telah menyelengarakan seminar dan workshop di 8 kota seperti jakarta, bandung (400 peserta), padang(750), medan(400), jogyakarta(200), surabaya(200), banjarmasin(300) & pakanbaru(300) juga bergerak ke cianjur, malang dan kota2 kecil laiinya. Dengan disupport oleh rekan dari nokia indonesia N.ice telah memberikan lebih dari 15 training membuat aplikasi pada mobile phone gratis di 15 kampus di indonesia. Selain seminar dan workhsop secara online N.ice menyediakan kontent pembelajaran bagi para developer di indoneisia seperti ebook, kurikulum, kisah2 sukses story, blog2 teknical yang semuanya dapet di peroleh developer indonesia secara gratis. N.ice juga bekerja sama dengan nokia dan beberapa majalah lokal mengadakan kompetisi2 dengan tujuan menambah semangat developer2 indonesia untuk berkarya yaitu N.ice Theme competition dan Mobile Game Developement war di 4 kota (bandung, jogya, surabaya dan jakarta)

Dalam 6 bulan umur kami telah di hasilkan banyak applikasi dari developer di indonesia, contohnya dari kompetisi theme yang kami lakukan untuk memperingatu hari kartini telah hadir di ovistore 10 buah theme bertemakan emansipasi wanita buatan designer2 indonesia (http://nice.or.id/arhiez/pemenang-ovi-theme-competition-girl-power/) dan dari kompetisi mobile development war telah hadir lebih dari 30 buah game bernuansa indonesia di ovistore, diantaranya Bhinekka Tunggal Ika, Arjuna Sang Pemanah, Waroeng Ekspress, Too Much Satay, Malin Kundagn, Nakula Sadewa dan Aksara.dan masih banyak lagi

KEMAMPUAN DEVELOPER INDONESIA

Gerakan ini bukan tanpa sebab, selain data2 diatas programmer2 indonesia ternyat tidak kalah dengan programmer2 luar negri, ada beberapa rekan kami yang sudah menorehkan hasil yang cukup membanggakan di kancah dunia seperti ramadhan bahc (ind190) telah berhasil mendapatkan predikat Top five Download Worldwide dengan theme berjudul batik indonesia, hanya kalah dari aplikasi terkenal seperti angry birds, fruit ninja. di bidang aplikasi sebuah aplikasi informasi tentang film di indonesia bernama MovFreak yang di kembangkan oleh Andri yadi dari Dycode menyabet beberapa pernghargaan penting seperti Top 50 Best mobile App di asia 2010, dan the best mobile App Sparx award 2010

N.ICE TERUS SEMANGAT MEMBANGUN BANGSA

kesuksesan adalah hak semua orang. Oleh karena itu, N.ice Team akan terus berkomitmen untuk melakukan roadshow ke berbagai pelosok daerah di Indonesia untuk berbagi ilmu, informasi, dan peluang emas di Indonesia. . Pada saat aplikasi mobile menjadi komoditas, N.ce ingin membuat para developer lokal menjadi raja dan tuan rumah di negeri sendiri dan sukses membangun ekosistem developer lokal yang mendunia . “Developer jadilah Developer”

Post comment