Apr
12
2014
9203 Views

Membuat Keystore Android Untuk Signing Apps

Author Mohamad Iqbal    Category Android    Tags 0 comments    Tags , , ,    

Beberapa hari yang lalu ada rekan developer yang bertanya bagaimana cara signing aplikasi Android menggunakan AppWrapper dari Vserv. Semua aplikasi yang akan disubmit ke store baik itu Google Play maupun Nokia Store wajib melalui proses signing.

Sama seperti saya yang baru koding Android semenjak NokiaX launching, saya juga merasa bingung pada awalnya. Namun setelah saya membaca dokumentasi Android ternyata cukup mudah.

Berikut adalah cara singkat membuat keystore untuk keperluarn signing aplikasi Android menggunakan Eclipse:

1. Pada File Project di Eclipse, Klik Kanan -> Export. Lalu Akan tampil jendela seperti ini:

2. Pilih Export Android Application. Kemudian Klik Next. Selanjutnya akan ada opsi apakah Kamu akan menggunakan keystore yang sudah dibuat atau membuat keystore baru. Saya anggap Kamu belum memiliki keystore, jadi pilih Create new keystore.

Pilih Lokasi penyimpanan keystore dan Password yang kamu inginkan. Oh Iya, saat browse location, kamu cukup pilih folder dan langsung ketikan file name yang Kamu inginkan.

3. Setelah menentukan lokasi dan password, klik Next kemudian akan diminta membuat alias baru. Nah, silahkan lengkapi form yang diminta. Berikut contohnya:

4. Selanjutnya klik Next, dan tentukan lokasi Export file APK. Selesai.

Keystore yang Kamu buat dapat digunakan kembali selama batas waktu yang kamu tentukan pada saat pembuatan alias. Pada contoh di atas, masa berlaku keystore adalah 25 tahun.

Kemudian bagaimana mengintegrasi atau signing aplikasi menggunakan AppWrapper? Diakhir proses wrapping, kamu akan diminta untuk signing aplikasi. Yap, kamu cukup cari keystore yang tadi kamu buat, lalu isi alias dan password yang sudah kamu buat tadi..

Semoga bermanfaat, :)

Jun
25
2013
1652 Views

Metro Studio – Kumpulan Metro-style Icon

Author Mohamad Iqbal    Category Tips and Trick    Tags 0 comments    Tags ,    

Setelah meng-unduh beberapa aplikasi lokal dan melihat beberapa icon yang digunakan terutama untuk Application Bar di Windows Phone nampaknya masih banyak yang menggunakan icon yang diambil dari internet dan terkadang kasar.

Sebetulnya ada sebuah software untuk mendapatkan ribuan icon yang dapat Anda gunakan untuk membuat aplikasi Windows Phone (Application bar) atau bahkan saya biasa gunakan untuk mendapatkan icon untuk membuat category bar di Nokia Asha.

read more

May
14
2013
2629 Views

Cara Mengakses Tombol Back Asha 501 dengan Web App

Author Mohamad Iqbal    Category S40 Web Apps, Sample Code    Tags 0 comments    Tags ,    

Pada device Nokia Asha Platform 1.0 terdapat tombol back yang berfungsi sebagai tombol back atau tombol exit dari aplikasi. Pada Web App, ketika tombol back pada Device ditekan maka secara otomatis akan mengeluarkan aplikasi dengan pesan peringatan seperti ini:

Pada Web Tools 3.0 terdapat MWL addNavBackListener yang bisa kita gunakan untuk mengakses tombol back pada device. Berikut contoh kode sederhana nya:

mwl.addNavBackListener('#page2', "mwl.show('#page1');mwl.hide('#page2');");

Kode itu memungkinkan aplikasi untuk menampilkan page1 dan menyembunyikan page2 jika aplikasi berada pada page2. Bagaimana jika aplikasi berada pada halaman 3? Sederhananya:

mwl.addNavBackListener('#page3', "mwl.show('#page2');mwl.hide('#page1');mwl.hide('#page3');");

Simple kan?

Terus gimana cara implementasi di aplikasi yang sudah ada tombol back nya?

Jadi intinya hanya menambakan mwl.addNavBackListener yang isinya adalah MWL tombol back yang kamu pakai. cuma menambahkan mwl.addNavBackListener('#page', "WML KAMU DISINI");

Nah untuk sample code sederhana nya bisa diundug DI SINI

May
10
2013
3167 Views

Yang Baru di Nokia Asha SDK 1.0 (Beta)

Author Mohamad Iqbal    Category Nokia Developer    Tags 0 comments    Tags , ,    

Kemarin Nokia mengenalkan platform Asha yang baru sekaligus seri handphone asha 501, dihari yang sama Tools dan SDK untuk ponsel Asha terbaru juga ikut diluncurkan walaupun masih versi beta. Di SDK Nokia Asha 1.0 (beta) ada beberapa update terbaru untuk pengembang, diantaranya:

read more

May
9
2013
13685 Views

Tips Submit Aplikasi di Marketplace Windows Phone

Beberapa waktu yang lalu saya pernah membahas Penyebab Aplikasi Ditolak di Nokia Store, nah karena ada beberapa yang pernah bertanya kepada saya soal QA di Windows Phone Dev Center jadi saya coba share pengalaman submit aplikasi di Marketplace Windows phone.

QA di Marketplace Windows Phone tidak ‘sesadis’ QA di Nokia Store, walaupun pertama kali saya submit aplikasi Windows Phone sekurang-kurangnya perlu 3 kali submit untuk lolos QA. Berikut tips atau hal-hal yang harus diperhatikan oleh rekan-rekan developer sebelum submit aplikasi Windows Phone.

read more

May
4
2013
1377 Views

Open Source Project: Twitter Timeline

Author Mohamad Iqbal    Category Sample Code    Tags 0 comments    Tags    

Sebetulnya ini adalah kode untuk aplikasi web app yang baru saja saya submit, tapi karena kode nya tidak terlalu rumit jadi saya putuskan untuk meng-unggahnya untuk digunakan bagi rekan-rekan developer yang membutuhkan referensi pembuatan aplikasi.

Aplikasi sederhana ini hanya mengambil data twit berdasarkan user, bisa di kontum jumlah twit yang akan ditampilkan dan user dapat berbagi melalui SMS dan Twitter (ReTweet).

read more

Apr
26
2013
1579 Views

Panduan Mengisi Informasi Bank pada Akun Nokia Publish

Author Mohamad Iqbal    Category Nokia Store    Tags 0 comments    Tags ,    

Informasi Bank pada akun nokia publish berguna untuk developer yang ingin menjual aplikasi nya di Nokia Store. Sebelum dapat menjual aplikasi, developer diwajibkan untuk mengisi informasi bank terlebih dahulu. Namun ternyata banyak yang masih bingung mengenai pengisian bank ini, di tulisan ini saya akan share bagaimana mengisi akun bank yang benar.

Untuk mengisi informasi bank, masuk pada dashboard nokia publish, kemudian pilih menu Accounts > Bank Information. Setelah itu akan ada beberapa field yang harus Anda isi:

read more

Mar
22
2013
1515 Views

Penyebab Aplikasi Ditolak di Nokia Store

Author Mohamad Iqbal    Category Nokia Store, Tips and Trick    Tags 0 comments    Tags ,    

Bagi rekan-rekan developer yang baru pertama kali submit aplikasi ke Nokia Store mungkin sempat bingung mengapa aplikasi kita ditolak oleh nokia store dan tidak tahu bagaimana cara memperbaiki agar aplikasi yang kita submit lolos QA Nokia Store.

Sebetulnya ketika kita ditolak, tim QA Nokia Store akan memberikan solusi dan keterangan jelas mengapa dan bagaimana agar aplikasi kita masuk Nokia Store. Tapi sebelum kita ditolak, sebaiknya kita siapkan dulu secara matang aplikasi yang akan kita submit.

read more

Mar
16
2013
2944 Views

Akselerasi Aplikasi yang Disubmit ke Nokia Store

Bagi rekan developers yang sedang submit aplikasi ke Nokia Store untuk kebutuhan kompetisi Asha Developer Competition dan ingin diakselerasi atau percepat proses QA nya dapat mengirimkan email ke moh.iqbal@outlook.com dengan title “App Acceleration” dan mencantumkan:

Publisher Name: *contoh: KabitaDev

App Name: *contoh: Wonderful Indonesia

App ID : *contoh: 357406 (Ingat, angka awal nya harus 3 bukan 6)

Keterangan:

Publisher Name adalah nama lain dari public name, contoh: http://store.ovi.com/publisher/KabitaDev/

App Name adalah nama aplikasi yang disubmit ke store

App ID adalah contentID dari aplikasi yang disubmit, contoh: https://publish.nokia.com/content_items/show/357406

Keuntungan dari akselerasi aplikasi ini akan mempercepat proses QA yang biasanya memakan waktu hingga 1 minggu bahkan lebih menjadi lebih cepat dari biasanya.

Semoga bermanfaat.

Mar
7
2013
6371 Views

Cara Mendaftar Akun Nokia Publish Secara Gratis

Author Mohamad Iqbal    Category Nokia Store    Tags 0 comments    Tags ,    

Berhubungan dengan acara Asha Developer Competition Indonesia yang men-syaratkan Aplikasi yang disubmit harus telah terpublish di Nokia Store, kami dari NICE dan Nokia Indonesia akan membantu rekan-rekan developer yang kesulitan dalam pembayaran menggunakan kartu kredit.

Silahkan email ke moh.iqbal(AT)outlook.com dengan subject “Nokia Publish Registration”, disertai nama, telp, dan institusi, selanjutnya saya akan memberikan sebuah form yang harus diisi.

Pendaftaran manual akan kami dilakukan setiap hari Senin dan Kamis. Untuk cara publish aplikasi ke Nokia Store silahkan baca tulisan saya disini. Semoga bermanfaat.

Salam,

Iqbal